ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT PDF

Metode Teknik Analisis Vegetasi merupakan cara mempelajari dan Bentuk unit sampling dalam survey vegetasi dapat berupa kuadrat, garis dan titik. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat (Anonim, ). KSA dapat digunakan untuk menentukan luas kuadrat tunggal minimum yang Metode dalam Analisa Vegetasi Dalam analisa vegetasi ini.

Author: Kizuru Taugis
Country: Hungary
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 23 August 2017
Pages: 175
PDF File Size: 7.96 Mb
ePub File Size: 20.76 Mb
ISBN: 557-2-40178-328-8
Downloads: 45209
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kajilkree

Published on Apr View Download 7.

Yudimi Arsepta –

Mereka juga berbeda dalam hubungannya dalam kelimpahan relatif relative abundance spesies. Beberapa vegrtasi terdiri dari beberapa spesies yang umum dan beberapa spesies yang jarang, sementara yang lainnya mengandung jumlah spesies yang sama dengan jumlah spesies yang semuanya umum ditemukan Irwan, Analisa vegetasi adalah salah satu cara untuk mempelajari tentang susunan komposisi jenis dan bentuk struktur vegetasi masyarakat tumbuhan.

Analisi vegetasi dibagi atas tiga metode yaitu: Untuk suatu kondisi kuadray yang luas, maka kegiatan analisa vegetasi erat kaitannya dengan sampling, artinya kita cukup menempatkan beberapa petak contoh untuk mewakili habitat kuadart. Dalam sampling ini ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu jumlah petak contoh, cara peletakan petak contoh dan teknik analisa vegetasi yang digunakan.

Prinsip penentuan ukuran petak adalah petak harus cukup besar agar individu jenis yang ada dalam contoh dapat mewakili komunitas, tetapi harus cukup kecil agar individu yang ada dapat dipisahkan, dihitung dan diukur tanpa duplikasi atau pengabaian. Karena titik berat analisa vegetasi terletak pada komposisi jenis dan jika kita tidak bisa menentukan luas petak contoh yang kita anggap dapat mewakili komunitas tersebut, maka dapat menggunakan teknik Kurva Spesies Area KSA.

Dengan menggunakan kurva ini, maka dapat ditetapkan: Beberapa sifat yang terdapat pada individu tumbuhan dalam membentuk populasinya, dimana sifat sifatnya bila di analisa akan menolong dalam menentukan struktur komunitas.

Sifat sifat individu ini dapat dibagi atas dua kelompok besar, dimana dalam analisanya akan memberikan data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Untuk mendapatkan data mengenai jumlah populasi dalam suatu ekosistem dibutuhkan suatu metoda yang dapat memenuhi kebutuhan akan data tersebut. Namun pada kenyataannya untuk menentukan jumlah populasi dalam suatu daerah dengan metode sensus, sangatlah sukar dikarenakan kemampuan dari pengamat dan banyaknya jumlah yang populasi yang akan dihitung serta banyaknya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perhitungan tidak kuaerat dicapai oleh seorang pengamat.

Untuk memenuhi akan kebutuhan data tersebut maka diperlukan suatu nilai yang dapat mewakili jumlah data yang ingin didapat, yaitu melalui pengambilan nilai rata-rata dari suatu populasi yang diwakili oleh suatu tempat plot yang kita asumsikan plot tersebut emtode mewakili jumlah populasi dan kerapatan jenis dari spesies yang akan diamati nantinya. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita dapat mengetahui jumlah populasi dalam suatu daerah dengan mengasumsikan bahwa daerah yang kita pakai sebagai sampling dapat mewakili kerapatan dan keberagaman jenis populasi pada daerah yang akan diamati1.

Berapakah ukuran sampling yang ideal untuk suatu analisis ekologi tumbuhan. Berapakah luasminimal area yang perlu di buat. Apakah komposisi vegetasi yang ada pada daerah yang di amati telah terwakili. Maksud, Tujuan, dan Kegunaan Praktikum Maksud dan tujuan praktikum ini adalah mengetahui ukuran sampling yang akan dilakukan bila memulai suatu penelitian dan cara pengumpulan sampel. Kegunaannya adalah mahasiswa dapat memperkirakan ukuran sampel yang akan dikumpulkan bila akan melakukan suatu penelitian 1.

MINIMAL AREA.docx

Plot sementara ini polanya bertingkat, semakin lama semakin membesar ukurannya. Plot awal dimulai dari 0. Dalam mendeskripsikan vegetasi harus di mulai dari suatu titik padang bahwa vegetasi merupakan suatu pengelompokkan dari suatu tumbuhan yang hidup di suatu hidup tertentu yang mungkin di karakterisasi baik oleh spesies sebagai komponennya maupun oleh kombinasi dan struktur serta fungsi sifat-sifatnya yang mengkarakterisasi gambaran vegetasi secara umum.

Dalam mempelajari komunitas tumbuhan kuadrwt tidak dapat melakukan penelitian pada seluruh area vegstasi ditempati komonitas, terutama apabila area itu cukup luas.

Oleh karena itu kita dapat melakukan penelitian disebagian area komunitas tersebut dengan syarat bagian tersebut dapat mewakili sebagian komonitas yang ada. Luas daerah dalam satuan kecil yaitu komunitas atau vegetasi yang sangat bervariasi keadaannya.

  DAL TRIBALE AL GLOBALE PDF

Keberadaannya merupakan himpunan dan spesies populasi yang sangat berinteraksi dengan banyak faktor lingkungan yang khas untuk setiap vegetasi, kemudian muncul pertanyaan yang sering vegehasi yaitu bagaimana cara mengamati komunitas atau vegetasi tersebut dan berapa banyak kuadat yang herus di anaalisis sehingga dikatakan representatif bila di dalamnya terdapat semua atau sebaagian besar jenis tumbuhan yang membentuk komunitas atau vegetasi tersebut.

Daerah minimal yang mencerminkan kekayaan. Komunitas atau vegetasi disebut luas minimum. Dalam mempelajari komunitas tumbuhan kita tidak mungkin melakukan penelitian pada seluruh area vegftasi ditempati oleh komunitas, terutama apabila area tersebut sangat luas. Oleh karena itu kita dapat melakukan penelitian disebagian area komunitas tersebut dengan syarat bagian tersebut dapat mewakili seluruh komunitas Harun, Suatu metode untuk menentukan luas minimum suatu daerah disebut metode luas minimal.

Metode ini juga dapat digunakan untuk mengetahui jumlah petak yangdigunakan dalam metode tersebut. Oleh karena itu pada umumnya suatu vegetasi akan didominasi oleh spesies tumbuhan tertentu saja. Hal dapat dianalisa dengan metode luas minimum dan jumlah minimum ini Harun, Luas minimum atau kurva spesies area merupakan langkah awal yang digunakan untuk menganalisis suatu vegetasi yang menggunakan petak contoh kuadrat. Luas minimum digunakan untuk memperoleh luasan petak contoh sampling area yang dianggap representatif dengan suatu tipe vegetasi pada suatu habitat tertentu yang sedang dipelajari.

Luas petak contoh mempunyai hubungan erat dengan keanekaragaman jenis yang terdapat pada areal tersebut.

Makin tinggi keanekaragaman jenis yang terdapat pada areal tersebut, makin luas petak contoh yang digunakan. Bentuk luas minimum dapat berbentuk bujur sangkar, empat persegi panjang dan dapat pula berbentuk lingkaran.

Luas petak contoh minimum yang mewakili vegetasi hasil luas minimum, akan dijadikan patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat Anonim, Pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, dan daerah tadi sudah memperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan.

Jadi luas daerah ini disebut luas minimum. Cara menentukan luas minimum sebagai berikut: Dibuat petak contoh dengan ukuran misal 0,5 x 0,5 m2 petak 1. Hitung jumlah spesies yang ada pada petak tersebut.

Petak tadi diperluas 2 kali luas petak 1, ini petak ke 2. Dihitung jumlah spesies yang ada penjumlahan komulatif. Penambahan luas petak dihentikan kalau jumlah spesies tidak bertambah lagi.

Dari data yang telah diperoleh dibuat kurva: Luas petak contoh sebagai absis sb X 2. Setelah itu ditarik garis singgung pada kurve yang sejajar resultante tersebut. Kemudian dari titik singgungnya ditarik garis ke absis yang sejajar ordinat. Maka luas minimum petak plot dapatdiketahui Anonim, Ukuran kuadrat terbagus yang dipakai tergantung pada hal yang harus diukur.

Satu ukuran bagus adalah memakai satu ukuran kuadrat paling sedikit dua kali luas rata-rata luas kanopi spesies besar yang lain dengan memakai ukuran kuadrat yang mengijinkan hanya satu atau dua spesies untuk hadir dalam semua kuadrat. Ukuran plot minimal dapat ditentukan dengan cara survey pendahuluan untuk menentukan ukuran luas plot minimal.

Luas daerah contoh vegetasi yang akan diambil diatasnya sangat bervariasi untuk setiap bentuk vegetasi mulai dari 1 dm2 sampai m2. Suatu syarat untuk daerah pengambilan contoh haruslah representatif bagi seluruh vegetasi yang dianalisis.

Keadaan ini dapat dikembalikan kepada sifat umum suatu vegetasi yaituvegetasi berupa komunitas tumbuhan yang dibentuk oleh populasi-populasi. Jadi peranan individu suatu jenis tumbuhan sangat penting.

Sifat komunitas akan ditentukan oleh keadaan individu-individu tadi, dengan demikian untuk melihat suatu komunitas sama dengan memperhatikan individu-individu atau populasinya dari seluruh jenis tumbuhan yang ada secara keseluruhan. Ini berarti bahwa daerah pengambilan contoh itu representatif bila didalamnya terdapat semua atau sebagian besar dari jenis tumbuhan pembentuk komunitas tersebut. Dengan demikian pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, dan daerah tadi sudah memperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan.

Jadi luas daerah ini disebut luas minimum Anonymous, Bentuk cuplikan berupa segi empat atau lingkaran yang menggambarkan luas area tertentu kuadrat luasnya bisa bervariasi sesuai dengan batas luas vegetasi alami yang berbentuk seperti hutan luas kuadrat minimal m2 dan vegetasi sederhana seperti rumput dengan kuadrat seluas 1 m2. Untuk memahami luas, metode manapun yang di pakai untukmenggambarkan suatu vegetasi yang penting adalah harus di sesuaikan dengan tujuan luas atau sempitnya suatu area yang di amati Rasnovi, Luas area tempat pengambilan contoh komunitas tumbuhan atau vegetasi sangat bervariasi, tergantung pada bentuk dan struktur vegetasi tersebut.

  FROMM ARTA DE A IUBI PDF

Untuk vegetasi lumut kerak, misalnya di perlukan ukuran 1cm2. Yang perlu di perhatikan adalah seluas apa percontohan di ambil harus dapat menggambarkan bentuk vegetasi dan apabila seluruh atau sebagian besar jenis tumbuhan membentuk vegetasi itu berada dalam daerah percontohan.

Dengan demikian biasanya dalam pada suatu bentuk vegetasi itu akan di dapatkan suatu wilayah terkecil yang dapat mewakili vegetasi kecuali untuk hutan tropika yang sangat sulit di tentukan luas terkecil.

Luas terkecil yang dapat mewakili karakteristik komunitas tumbuhan atau vegetasi secara keseluruhan di sebut luas minimum Rahardjanto, Kadangkala ekolog tidak mengunakan luas minimum dalam menganalisa suatu vegetasi tetapi dengan menggunakan luas tertentu yang sudah ditentukan.

Cuplikan yang dibuat kemudian diulangi lagi sehingga menggambarkan suatu jumlah minimumnya artinya tidak ada lagi penambahan spesies kuadrah cuplikan yang telah dibuat Rahardjanto, Vegetais yang dapat mempengaruhi jumlah spesies di dalam suatu daerah adalah Iklim Fluktuasi iklim yang musiman metkde faktor penting dalam membagi keragaman spesies. Suhu maksimum yang ekstrim, persediaan air, dan sebagainya yang menimbulkan kemacetan ekologis bottleck yang membatasi jumlah spesies yang dapat hidup secara tetap di suatu daerah.

Keragaman Habitat Habitat dengan daerah yang beragam dapat menampung spesies yang keragamannya lebih besar di bandingkan habitat yang lebih seragam.

ikke arina –

Ukuran Daerah yang luas dapat menampung lebih besar spesies di bandingkan dengan daerah yang sempit. Beberapa analisiz telah membuktikan bahwa hubungan antara luas dan keragaman spesies secara kasaradalah kuantitatif.

Rumus umumnya adalah jika luas daerah 10 x lebih besardari daerah lain maka daerah itu akan mempunyai spesies yang dua kali lebih besar Anwar, Luas petak contoh minimum yang mewakili vegetasi hasil luas minimum, akan dijadikan patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat Harun, Caranya adalah vgeetasi mendaftarkan jenis-jenis yang terdapat pada petak kecil, kemudian petak tersebut diperbesar dua kali dan jenis-jenis yang ditemukan kembali didaftarkan.

Pekerjaan berhenti sampai dimana penambahan luas petak tidak menyebabkan penambahan yang berarti pada banyaknya jenis. Untuk luas petak awal tergantung surveyor, kuadrah menggunakan luas 1m x1m atau 2m x 2m atau 20m x 20m, karena yang penting adalah konsistensi luas petak berikutnya yang merupakan dua kali luas petak awal Rasnovi, Luas minimum dan jumlah minimum dapat digabung dengan menentukan luas total dari jumlah minimum yang sesuai dengan luas minimum yang sudah dapat didapat terlebih dahulu.

Penyebaran individu suatu populasi mempunyai 3 kemungkinan yaitu: Penyebaran secara merata 3. Penyebaran secara kelompok Untuk mengetahui apakah penyebaran individu suatu polpulasi secara merata atau kelompok maka penentuan letak percontoh dalam analisis vegetasi dapat dibedakan dengan cara pendekatan yaitu: Penyebaran percontohan secara acak 2. Penyebaran percontohan secara sistematik 3. Penyebaran secara semi acak dan semi sistematik Rahadjanto, Dalam ekologi komunitas bearti suatu kumpulan bearti suatu kumpulan populasi yang terdiri dari spesies yang berlainan yang menempati daerah tertentu.

Komunitas tidak harus merupakan suatu daerah luas dengan tumbuhan biasanya bersifat rumit dan tidak mudah diberi warna menurut satu, dua spesies yang paling berkuasa sebagai mana umum didaerah beriklim sedang.

Suatu komposisi suatu komunitas ditentukan oleh seleksi tumbuhan dan hewan yang kebetulan mencapai dan mampu hidup ditempat tersebut dalam kegiatan anggota-anggota komunitas ini bergantung pada penyesuaian dari setiap individu terhadap faktor-faktor fisik dan biologi yang ada ditempat tersebut Heddy, Hal ini dilakukan untuk mengetahui data kehadiran vegetasimeliputi struktur dan komposisi tumbuhan yang terdapat pada daerah tersebut.

Menggunakan jalur transek yang telah dibuat sebelumnyalalu setiap kelompok memulai membuat petak kuadrat empat bujur sangkar berukuran 0,5 m X 0,5 m 2. Plot pertama diletakkan pada tempat dengan memilih kondisi muadrat yang mempunyai kerapatan vegetasi dan jumlah kadrat yang terlihat banyak 3. Dilakukan pencatatan dan perhitungan jumlah semua jenis tumbuhan yang berada dalam petak kuadrat tersebut 4.