ASKEP PRURITUS PDF

PRURITUS PADA KEPERAWATAN GERONTIK Askep Pruritus. LP+ASKEP PRURITUS. medical. Pruritus Senilis Mekanisme Gatal (Pruritus) · askep. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Empedu: Batu Empedu . This is frequently accompanied by marked pruritus (itching) of the skin. This will count as the first of 5 article credits, or Allowances pruritus senilis pdf Pruritus Senilis case. ASKEP PRURITUS. PRURITUS PADA KEPERAWATAN.

Author: Yom Kesida
Country: Germany
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 10 April 2007
Pages: 70
PDF File Size: 14.6 Mb
ePub File Size: 13.5 Mb
ISBN: 476-6-29776-970-9
Downloads: 66138
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Dourg

Askep Isk Askep IskDeskripsi lengkap. Kasus Askep asuhan keperawatan. Aekep – Dehidrasi Full description. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Keperawatan Gawat Darurat Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terutama kepada kelompok kami yang telah membantu untuk menyelesaikan tugas ini dengan baik serta pihak-pihak lain yang membantu kami dalam mengerjakan makalah ini. Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan untuk itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik untuk perbaikan makalah ini,akan tetapi kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Tujuan Umum Setelah mempelajari makalah ini, mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan pada lansia dengan prurituus 2. Tujuan Khusus Setelah mempelajari makalah pruirtus, mahasiswa mampu: Memahami etiologi dari spruritus c.

Pruritys manifestasi klinis d. Menjelaskan patofisiologi pruritus e. Menjelaskan kompikasi pruritus f. Menjelaskan cara penanganan pruritus g. Menjelaskan penatalaksanaan pruritus a. Menjelaskan proses keperawatan spruritus D. Manfaat Adapun makalah ini dapat digunakan sebagai: Bahan untuk belajar tentang perawatan pruritusdalam keperawatan gerontik. Menambah bacaan tentang pruritus c.

Salah satu acuan belajar tentang asuhan pasien pruritus d. Sebagai motivator dan sumber informasi bagi mahasiswa tentang pruritus. Rata-rata tebal kulit mm. Paling tebal 6 mm terdapat di telapak tangan dan kaki dan paling tipis 0,5 mm terdapat di penis.

ASKEP PRURITUS

Epidermis terbagi atas lima lapisan: Di dalam sel terdapat sitoplasma yang basfilik dengan inti yang besar, lonjong, berwarna hitam. Sel-sel basal ini tersusun sebagai tiang pagar polisade. Lapisan basal merupakan lapisan paling bawah dari epidermis dan berbatas dengan dermis. Dalam lapisan basal terdapat melanosit. Melanosit adalah sel dendritik yang membentuk melanin.

Melanosit berisi dari bagian neural embrio. Melanin berfungsi melindungi kulit terhadap sinar matahari. Semua ras memiliki jumlah melanosit yang sama. Perbedaan warna kulit bergantung pada kegiatan melanosit. Lapisan malpighi merupakan lapisan epidermis yang paling tebal dan kuat. Terdiri dari sel-sel poligonal yang di lapisan atas menjadi lebih gepeng. Selsel mempunyai protoplasma yang menonjol yang terlihat seperti duri-duri.

Lapisan granular terdiri dari baris sel-sel berbentuk intan, berisi butir-butir granul keratohialin yang basofilik. Lapisan lusidium terdiri dari satu lapis sel-sel tanpa inti. Pada permukaan lapisan ini sel-sel mati terus menerus mengelupas tanpa terlihat.

Anatomi Patologi Histologi selaput lendir adalah sama dengan kulit tetapi tidak mengandung lapisan granular dan lapisan tanduk kecuali di dorsam lidah dan palatum. Kuku Kelenjar keringat terbagi atas ekrin dan apokrin.

  BOOK DES ECN ROMANA PDF

Fungsinya mengatur suhu dengan cara melepaskan panas dengan penguapan. Grandula ekrin terdapat di semua daerah kulit, tetapi tidak terdapat di selaput lendir.

ASKEP PRURITUS – PDF Free Download

Seluruhnya berjumlah juta. Yang terbanyak di telapak tangan. Grandula apokrin adalah kelenjar keringat besar yang bermuara di folikel rambut terdapat di ketiak, daerah anogenital, putting susu dan greola.

Kelenjar sebaseus terdapat di seluruh tubuh, kecuali di telapak tangan, telapak kaki dan punggung kaki, terdapat banyak di kulit kepala, muka, kening dan dagu. Sekretnya berupa sabum dan mengandung lemak, kolesterol dan zat lain. Rambut Rambut terdapat di seluruh kulit, kecuali di tapak tangan, tapak kaki dan bagian dorsal dari falang distal jari tangan dan kaki, penis, labiaminora, dan bibir.

Ada 2 jenis rambut yaitu rambu terminal dan velus.

Akar dan bagian bawah kandung rambut mengandung sel-sel matrik rambut. Askp dermis yang masuk ke dalam kandung rambut disebut papil. Banyak saraf dan pembuluh darah masuk ke dalam pupil.

Pruritus senilis pdf

Melanosit prurius terdapat di bagian atas kandung rambut menghasilkan pigmen yang memberi warna pada rambut. Kuku Kuku merupakan lempeng yang terbuat dari sel tanduk yang menutupi permukaan dorsal ujung jari tangan dan kaki lempeng kuku terdiri dari 3 bagian yaitu pinggir bebas, badan dan akar yang melekat pada kulit dan dikelilingi oleh lipatan kulit lateral dan froksimal.

Fungsi kuku untuk mengutip benda-benda kecil. Dermis Dermis dan korium merupakan lapisan di bawah epidermis dan di atas jaringan subkutan. Dermis terdiri dari jaringan subkutan. Dermis terdiri dari jaringan ikat yang di lapisan atas terjalin rapat parspapilaris, sedangkan di bagian bawah terjalin longgar pars reticularis lapisan pars reticularis mengandung pembuluh darah, saraf, rambut, grandula keringat, grandula sebaseus. Fungsi jaringan subkutan adalah penyekat panas, bantalan terhadap trauma asskep penumpukan energi.

Eksogen, misalnya dermatitis kontak pakaian, logam, benda asingrangsangan oleh ektoparasit serangga, tengau, skabies, pedikulus, larva migrans atau faktor lingkungan yang membuat kulit lembab atau kering.

Prurits, misalnya reaksi obat atau penyakit sebagai contoh dapat disebut diskriasia darah, limfoma, keganasan alat dalam dan kelainan hepar atau ginjal.

Acapkali kausa secara klinis pada permulaan belum diketahui. Pada garukan akut dapat timbul urtikaria, sedangkan garukan akut dapat timbul urtika, sedangkan pada garukan kronik dapat timbul perdarahan kutan dan likenifikasi.

Garukan dengan kuku menyebabkan ekskoriasi linear pada kulit dan laserasi pada kukunya sendiri. Keringanan perasaan gatal dengan garukan hanya akan ada, bila kausa pruritus tidak terletak di alat sentral. Merupakan modifikasi rasa nyeri tapi kurang pruritsu ditolerir. Hanya terjadi pada kulit, jaringan mukosa tertentu dan mata.

Pruritus senilis pdf

Daerah yang paling sering sensitif terhadap gatal ialah lubang hidung, hubungan mukokutaneus, telinga luar, perineum. Salah satu penyebab pruritus adalah kulit kering, kadang-kadang akibat mandi yang berlebihan, terutama terlalu asksp busa, yang pengaruhnya bisa menimbulkan kekeringan.

Penyebab umum dari gatal adalah kulit kering, yang mengiritasi kulit: Faktor yang menambah intensitas gatal adalah vasodilatasi, anoksia jaringan dan sirkulasi statis. Pruritus memicu respon motoris untuk menggaruk.

  ASSIMIL LE VIETNAMIEN SANS PEINE PDF

Orang dengan gatal intensif dapat mengupas kulit tergali sampai ke dalam kulit dengan kuku untuk mengurangi rasa gatal. Orang dengan gatal yang menyeluruh prufitus tampak dengan gerakan yang konstan menekuk-nekukan anggota badan, menggosok-gosok dan menggaruk-garuk.

Seperti rasa sakit,rasa gatal timbul akibat aktivitas ujung-ujung saraf sensorik diperbatasan dermis dan epidermis. Menurut Bickfoard askwp dua jenis respon terhadap stimulus rasa gatal. Resti Infeksi berhubungan dengan kerusakan perlindungan kulit 2. Nyeri akut berhubungan dengan kerusakan jaringan kulit 3.

Gangguan citra tubuh dengan HDR berhubungan dengan kecatatan kulit. Faktor lokal,sensitivitas askp terhadap sesuatu stimulu, kulit kering akibat kelembaban kurang,mandi terlalu sering,pada orang tua akibat faal perubagan kulit yang menimbulkan iskemi pruditus atropi kulit. Uremi penyakit pada gagal ginjal kronik 4. Bendungan saluran empedu dimana terjadi peningkatan kadar garam empedu. Rasa gatal diprofokasi oleh kontak prurituw air,disebut aquagenik pruritus.

Berasosiasi dengan konsentrasi darah vena yang tinggi,mungkin histamin berperan sebagai modiator,biasanya rasa gatal bisa dikurangi oleh anti histamin. Pruritus bisa timbul dengan atau tanpa kelainan kulit,bisa lokal atau generalisata. Pruritus generalisata bisa merupakan gejala utama penyakit sistemik,maka harus ditanggapi dengan serius seperi demam oleh sebab yang tiada diketahui.

Penelitian membuktikan bahwa reseptor gatal hanya ditemukan pada lapisan kulit teratas, sehingga prufitus tidak pernah dirasakan pada jaringan yang lebih dalam seperti otot, sendi, maupun organ dalam.

Mekanisme gatal dapat berasal dari: Sistem saraf, yaitu akibat akumulasi bahan perangsang gatal asekp akibat kerusakan saraf yang ditimbulkan oleh berbagai penyakit seperti tumor otak dan kencing manis. Faktor psikologis yang berhubungan dengan gejala kelainan jiwa seperti halusinasi. Ransangan pada respon syaraf kulit. Erupsi dapat berbentuk impetigo, ektima, sellulitis, limfangitis, dan furunkel. Infeksi bakteri pada bayi dan anak kecil yang diserang scabies dapat menimbulkan komplikasi pada ginjal.

Dermatitis iritan dapat timbul karena penggunaan preparat anti skabies yang berlebihan, baik pada terapi awal ataupun pemakaian yang terlalu sering. Untuk mendiagnosis penyebabnya secara tepat diperlukan keahlian dokter yang telah berpengalaman ditambah bantuan berbagai pemeriksaan penunjang bila perlu. Jika Anda mengalami gatal-gatal berat yang mengganggu atau disertai gejala penyakit serius seperti yang telah diuraikan di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Penderita dermatitis, infestasi parasit, penyakit jamur dan penyakit kulit lain sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Untuk gatal ringan dengan penyebab yang tidak membahayakan seperti kulit kering, dapat dilakukan penanganan sendiri berupa: Mengoleskan pelembab kulit berulang kali sepanjang hari dan segera setelah mandi. Tidak mandi terlalu sering askp air berkadar kaporit tinggi.