Fitur unggulan dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G adalah

bio-diversity.info Seri tablet flagship ini memperkenalkan tiga model yang berbeda ke pasar global: Samsung Galaxy Tab S9 reguler, Samsung Galaxy Tab S9+, dan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra.

Samsung Galaxy Tab S9+
unsplash

Diantara ketiganya, Samsung Galaxy Tab S9+ merupakan varian yang paling seimbang, menyuguhkan spesifikasi superior dengan harga yang sebanding. Varian Plus ini cocok bagi pengguna yang menganggap varian Ultra terlalu besar atau yang tidak dapat membenarkan harga yang lebih tinggi dari varian Ultra.

Kelebihan:

  • Sebuah tablet Android yang memiliki performa paling canggih di dunia.
  • serta tahan air.
  • Dilengkapi dengan layar AMOLED yang jernih dan mulus dengan refresh rate 120 Hz.
  • S Pen dimasukkan dalam paketnya.
  • Tablet ini dapat diubah menjadi laptop dengan fitur Samsung Wireless DeX.
  • Kinerja baterai yang andal.
  • speaker yang mendukung pengalaman menonton yang menyenangkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9+ 5G

  • Dimensi: 285.4 x 185.4 x 5.7 mm
  • Berat: 581 g
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (SM8550-AC)
  • Layar: 11.0″
  • Baterai: 8400 mAh
  • Kapasitas Penyimpanan: 256 GB
  • RAM: 12 GB
  • Perlindungan Layar: Corning Gorilla Glass
  • Jaringan: 5G / Wi-Fi 6E

Keunggulan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G

1. Sebuah tablet Android yang memiliki performa paling canggih di dunia.

Sebagai lini unggulan tablet, Samsung memasukkan chipset Android tercepat pada tahun 2023, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Berbeda dari varian standar, Snapdragon 8 Gen 2 ini dirancang khusus untuk produk Samsung Galaxy, mirip dengan varian yang digunakan dalam Samsung Galaxy S23 series.

Apa perbedaannya dengan Snapdragon 8 Gen 2 standar? Nah, varian yang digunakan dalam tablet ini telah melalui proses overclocking. Dengan kata lain, kecepatan clock maksimum dalam System on Chip (SoC) ini ditingkatkan, yang berarti mampu menjalankan tugas-tugas berat dengan lebih lancar.

Chipset ini memiliki struktur CPU delapan inti dengan pembagian formasi 1 + 2 + 3. Salah satu fitur unik dari Snapdragon 8 Gen 2 dibandingkan dengan Gen 1 adalah peningkatan jumlah inti kinerja dibanding inti efisiensinya.

Pada Snapdragon 8 Gen 2 standar, terdapat satu inti utama prime Cortex X3 yang berjalan pada kecepatan 3,2 GHz. Namun, dalam Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, kecepatan clock inti tersebut ditingkatkan menjadi 3.36 GHz.

Inti lainnya tetap sama, termasuk empat inti kinerja yang terdiri dari 2x Cortex A715 dan 2x Cortex A710 (masing-masing 2.8 GHz), serta tiga inti efisiensi Cortex A510 (2.0 GHz). Tablet ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 740 yang mampu merender grafis dengan kualitas kelas dunia.

2. serta tahan air.

Samsung Galaxy Tab S9 series menawarkan sertifikasi IP68, yang berarti perangkat ini memiliki perlindungan terhadap debu dan air. bertahan dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit tanpa mengalami kerusakan. Ini merupakan kali pertama dalam seri Galaxy Tab S series di mana sertifikasi tahan air diperkenalkan. Dengan demikian, daya tahan perangkat menjadi lebih baik berkat ketahanan fisiknya terhadap air.

Desain tablet tidak mengalami perubahan signifikan dari pendahulunya, Samsung Galaxy Tab S8+. Tablet ini tetap menggunakan bahan material aluminium armor yang tidak hanya memberikan tampilan premium tetapi juga meningkatkan ketahanannya terhadap kerusakan dibandingkan dengan tablet lainnya.

3. Dilengkapi dengan layar AMOLED yang jernih dan mulus dengan refresh rate 120 Hz.

Tidak ada keraguan bahwa Samsung Galaxy Tab S9 series menawarkan layar terbaik dalam kelasnya. Sebenarnya, saya rasa tidak berlebihan untuk menyebut Galaxy Tab S9 series (termasuk varian Plus) sebagai tablet Android dengan layar yang paling menakjubkan di pasaran.
Tablet ini tetap menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang sama seperti seri sebelumnya (Galaxy Tab S8+), dengan ukuran 12,4 inci dan resolusi 1752 x 2800 piksel.

Ketika kita menyebutkan “2X” dalam nama layar tablet, itu menunjukkan kemampuannya untuk menyajikan refresh rate 120 Hz, yang membuat perpindahan antar tampilan menjadi dua kali lebih mulus dibandingkan dengan layar konvensional berkecepatan 60 Hz.
Selain itu, layar Galaxy Tab S9+ dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass untuk memberikan ketahanan terhadap goresan. Samsung tidak memberikan detail spesifik tentang versi Gorilla Glass yang digunakan, tetapi kemungkinan besar sama dengan seri sebelumnya, yaitu Gorilla Glass 5.

4. S Pen dimasukkan dalam paketnya

Berbeda dengan iPad Pro versi 2022 yang tidak termasuk Apple Pencil dalam paket penjualannya, Samsung Galaxy Tab S9 series menawarkan insentif menarik bagi pembeli. Stylus atau S Pen, yang digunakan untuk menulis dan menggambar, disertakan langsung dalam kotak penjualan.

S Pen ini bukanlah bonus atau tambahan yang hanya tersedia selama masa pra-pemesanan, tetapi merupakan bagian yang disertakan secara resmi dalam paket penjualan. Dengan demikian, konsumen akan selalu mendapatkan S Pen tanpa memandang kapan pembelian dilakukan.

5. Tablet ini dapat diubah menjadi laptop dengan fitur Samsung Wireless DeX.

Banyak dari flagship produk Samsung menampilkan fitur Samsung DeX yang memungkinkan penggunaan yang mirip dengan PC atau laptop yang sesungguhnya. Saat mode ini diaktifkan, antarmuka tablet akan berubah menjadi tampilan yang mirip dengan yang kita lihat pada layar PC atau laptop.

Fitur ini dapat diakses saat pengguna menghubungkan monitor eksternal secara nirkabel atau melalui port USB-C 3.2 (yang mendukung DisplayPort). Yang menarik, Samsung DeX juga dapat digunakan langsung pada layar tablet tanpa perlu terhubung ke monitor.

6. Kinerja baterai yang andal.

Baterai pada Samsung Galaxy Tab S9+ memiliki kapasitas sebesar 10.090 mAh. Kapasitas baterai Samsung Galaxy Tab S9+ 5G yang mencapai 10.090 mAh lebih tinggi daripada versi reguler yang memiliki kapasitas 8.400 mAh, tetapi lebih rendah daripada versi Ultra yang memiliki baterai sebesar 11.200 mAh.

7. speaker yang mendukung pengalaman menonton yang menyenangkan.

Samsung Galaxy Tab S9+ hadir dengan kualitas speaker yang luar biasa untuk meningkatkan pengalaman hiburan penggunanya. Tablet ini dilengkapi dengan speaker stereo omnidirectional yang mampu menghasilkan suara yang terdengar dari berbagai sudut.

Dengan empat speaker yang disetel oleh AKG, tablet ini mampu menghasilkan suara yang detail dan kaya baik dalam orientasi lanskap maupun potret. Ini memastikan pengguna merasakan suara yang menggelegar dan jernih saat menikmati berbagai aktivitas hiburan, seperti menonton film atau mendengarkan musik.

Menurut laporan dari TheStreet.com, speaker pada varian Samsung Galaxy Tab S9+ terdengar lebih baik daripada versi reguler. Hal ini disebabkan oleh ruang yang lebih besar yang dimiliki oleh varian Plus, yang memungkinkan untuk reproduksi audio yang lebih baik dan lebih memperdengarkan audio dengan jelas.